Open Innovation and Open Business Model

Posted: October 10, 2010 in Course's Assignment

Tulisan gw kali ini agak lebih serius nih temanya.. hehehe.. kali ini gw akan membahas tentang open innovation dan open business model.

Apa itu Open Innovation??

Setelah browsing kesana kemari dan mencari pengertian ter-simple yang bisa gw dapat. Gw menyimpulkan bahawa open innovaton itu aadalah sebuah pola pikir ataupun paradigma baru dimana sebuah perusahaan seharusnya bisa menggunakan sumber daya serta jalur-jalur untuk mencapai target market baik dari dalam maupun luar perusahaan sama baiknya yang direfleksikan lewat ide-ide ataupun hal lainnya demi kemajuan dan perkembangan teknologi perusahaan itu sendiri.

Kalo dulu memang, ide-ide inovasi itu ada di orang-orang atau individu-individu tertentu dan hanya sedikit perusahaan yang memiliki R&D department. Inovasi dilakukan secara tertutup dimana perusahaan mengatur segalanya mulai dari riset hingga hasil inovasi tersebut mencapai market melalui sumber daya internal perusahaan, sama sekali tidak melibatkan sumber daya luar.

Sekarang, ide-ide inovasi tidak hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar seperti dlu tapi juga dimiliki oleh perusahaan-perusahan kecil dan menengah serta orang-orang yang ada di luar perusahaan. Open Innovation model bertujuan untuk meraih ide-ide brilian di luar perusahaan itu untuk selanjutnya dijadikan sebagai partner perusahaan untuk mencapai perkembangan yang lebih pesat.

 

Open Innovation Paradigm

Dengan berkembangnya open innovation model ini, usaha ataupun perusahaan kecil menengah mendapatkan tantangan untuk menjadi mitra dari perusahaan-perusahaan besar. Market yang selama ini menjadi kendala bagi usaha kecil bisa dijangkau dengan bekerja sama dengan perusahaan besar. Proses kerja sama seperti ini jika dilihat dari sisi ekonomi sangat menguntungkan kedua belah pihak. Perusahaan besar tidak perlu menghabiskan banayak dana untuk R&D developmentnya dan perusahaan kecil bisa memajukan usahanya yang akan berdampak pada kemajauan ekonomi secara global.

Contoh open innovation model adalah sebuah perusahaan bernama InnoCentive yang didirikan pada 2001. Perusahaan ini menyediakan jasa penelitian dan pengembangan biomedis serta  farmasi untuk perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang indutri lain. Apa yang ditawarkan oleh InnoCentive adalah realsi antara “Pencari” dan “Pemberi”. Pencari adalah perusahaan-perusahaan yang mencari solusi untuk masalah yang mereka hadapi dalam bidang farmasi dan medis sementara Pemberi adalah individu-individu  yang secara sukarela memberikan solusi pada pencari. Nah, individu-individu yang solusinya dipilih akan diberikan kompensasi oleh Inno untuk ide-ide mereka. Contoh nyata adalah kerja sama InnoCentive dengan Rockfeller Foundation untuk mencari solusi pemecahan masakah penyakit anak yatim.

Open innovation seperti diatas tersebut jika diimplementasikan ke dalam suatu perusahaan menurut gw dengan sendirinya akan mendorong sebuah perusahaan tersebut ke apa yang dinamakan dengan open business model.

Open business model adalah sebuah konsep dimana kita melakukan bisnis secara transparan dan dengan mengintegrasikan aspek-aspek di sekitar linkgungan bisnis untuk bekerja sama secara kolaboratif. Contoh gampangnya bisa diliat nih di video berikut…..

Ya, dunia sekarang menuntut agar bisnis menjadi terbuka. Dengan terbukanya sebuah bisnis terbuka juga kesempatan pada lingkungan sekitar untuk bekerja sama secara kolabaratif memajukan bisnis tersebut.

Akhir kata, sekarang inovasi tidak hanya lagi merupakan bentuk dari suatu komoditas atau produk tapi juga bisa merupakan sebuah sistem ataupun model bisnis yang menunggu untuk diterapkan.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s