Business Model dari Twitter

Posted: December 12, 2010 in Course's Assignment

yo yo yo yo.. another word from me about business model.. Apa itu business model??? The simplest explanation that i could find told me that business model adalah suatu bagan yang bisa menjelaskan alasan tentang bagaimana suatu organisasi bisnis menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai baik itu nilai ekonomi ataupun nilai sosial.

Gambar yang ada di samping kiri ini nih merupakan bentuk suatu business model yang ada pada umumnya. Seperti bisa diliat di gambar di atas terdapat komponen komponen yang menyusun business model itu sendiri.

Pada postingan kali ini gw akan mencoba sedikit mengilik, mengulas dan menganalisis business model dari suatu perusahaan. Perusahaan yang akan coba gw analisis disini adalah perusahaan social network yang kita kenal dengan TWITTER.

Langkah pertama yang harus kita ambil adalah menentukan infrastruktur dari twitter sendiri, dimana terdiri dari bagian partner network, core capability dan activity configuration.

Partner network dari twitter bisa kita liat sendiri adalah perusahan-perusahaan yang memasang jasa advertising di situs twitter sendiri, perusahaan yang mengembangkan software untuk mendukung twitter seperti software upload foto dan perusahaan search engine seperti google. Core capability ini sendiri artinya adalah apa yang menjadi inti dari perusahaan ini. Core capability dari  twitter adalah menyediakan sarana bagi orang untuk bersosialisasi lewat dunia maya dan mengembangkan software-software terbaru yang mendukung aktivitas orang di dunia maya. Sementara activity configurationnya adalah menyediakan software atau situs agar orang bisa bersosialisasi, kerjasama dengan pengembang aplikasi-aplikasi serta memaintain situs agar bersih dari spam dan hacker-hacker.

Nah dari aktivitas yang mereka lakukan di bagian infrastructure tersebut menghasilkan cost structure yang harus mereka keluarkan.

Bagian customer terbagi atas customer relationship, distribution channel dan target customer. Twitter menjaga hubungan dengan customernya dengan menyediakan sarana bagi customer untuk menyampaikan saran dan keluhan. Distribution channel produknya karena merupakan software jaringan sosial adalah dengan menggunakan teknologi internet dan menargetkan semua pengguna internet sebagai targetnya.

Revenue didapat melalui pemasukan iklan-iklan serta pemasukan dari perusahan-perusahaan yang membayar ke twitter untuk mempromosikan produk mereka.

Sebenarnya value yang coba Twitter tawarkan disini adalah kemudahan untuk berkomunikasi serta suatu gaya hidup baru dimana orang-orang bisa menuangkan pa yang sedang mereka lakukan atau mereka pikirkan untuk mendapatkan tanggapan dari orang lain.

hhehhehee.. sekian postingan tentang business model ini.. semoga bisa bermanfaat dan memberi ilham.

regards…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s